Tuesday, August 5, 2014

Tentang Desa

       Desa Ulian merupakan salah satu desa yang ada di Kecamatan Kintamani, Kabupaten Bangli, Provinsi Bali. Desa Ulian memiliki luas tanah 353 km2. Desa ini berada di sebelah barat daya Kecamatan Kintamani. Dari pusat Kecamatan 15 km, sedangkan dari pusat pemerintahan kota administratif 15 km. Dilihat dari topografisnya desa ini terletak di daratan tinggi dengan ketinggian tanah 900 - 960 m dari permukaan laut, dengan curah hujan rata-rata 900 - 3.500 mm/tahun. Adapun batas-batas wilayah atau kekuasaan Desa Ulian, antara lain: di sebelah utara berbatasan dengan Desa Gunung Bau, kemudian sebelah selatan berbatasan dengan Desa Bunutin, sedangkan di sebelah barat Desa Binyan, dan sebelah timur berbatasan dengan Desa Manik Liyu. Jika dilihat dari luas lahan pertanian maka Desa Ulian mempunyai potensi di bidang perkebunan yaitu jeruk dan kopi arabika dengan luas tanah 280 Ha.


       Berdasarkan monografi desa, banyaknya kepala keluarga (KK) yang ada di Desa Ulian adalah 246 KK. Penduduk Desa Ulian banyaknya 953 jiwa dengan rincian laki-laki sebanyak 495 jiwa dan perempuan sebanyak 458 jiwa. Di Desa Ulian terdapat 1 (Satu) Taman Kanak-Kanak, dan 1 (Satu) Sekolah dasar.


       Pohon jeruk tumbuh subur di tanah Desa Ulian, sehingga menyebabkan jeruk menjadi salah satu potensi desa yang menopang perekonomian masyarakat. Selain jeruk, juga terdapat perkebunan kopi. Banyak warga yang menanam kopi dan jeruk dalam lahan yang sama. Warga juga memiliki kelompok ternak sapi, ayam, dan babi yang nantinya akan dijual ke pasar.

No comments:

Post a Comment